Motivapreuner

Sabtu, 01 Agustus 2015

Filled Under:

Motivapreuneur # Kisah Daden T. Yudanagara Sukses di usia Yang Tidak Muda Lagi #

Share
Apakabar Sahabat  Online store Dngumpul?? Semoga tetap baik dan tetap dalam kebaikan  Aamiin.. saat membaca majalah EL-SHINTA saya tertarik dengan sebuah kisah dari Bp.Daden T. Yudhanagara Seorang yang menemui apa yang ia cita-citakan di usia yang tidak relatif muda lagi  & saya ingin berbagi kisah itu yang semoga saja bisa menjadi motivasi untuk kita semua .


Selamat  menikmati :

Bekerja selama lebih dari 20 tahun sebagai akuntan hingga menduduki  jabatan finance manager, tak membuatnya merasa puas diri . sebaliknya , ia malah merasa bosan karena rutinitas & skill yang tidak berkembang . puncak dari kegelisahanya , akhirnya ia pun melepas posisinya dan meretas jalan baru sebagai pembisnis . Tak mudah , karena jalan berliku dengan ragam kegagalan pun harus di laluinya . hingga pada tahun 2004 ia bertemu dengan grolier international , setelah merintis lebih dari 10 tahun , yang kemudian menjadikanya miliarder.

Daden T. Yudanagara lahir di tasikmalaya , jawa barat & sejak kecil bermimpi untuk memiliki banyak uang . usai menjalani pendidikan dasar sampai menengah di tasikmalaya. Untuk mewujudkan mimpinya lalu ia masuk ke institut keuangan STAN & kemudian pindah ke A3I, Namun tidak selesai karena ketidaksabaran dirinya ingin cepat bekerja mencari uang . setelah itu deden masuk ke lembaga kursus keuangan  setelah bertitle Diploma , iapun langsung bekerja sambil menyelesaikan gelar kesarjanaanya di sebuah universitas.

Dunia yang ia masuki tak lain adalah dunia accounting yang memang menjadi mimpinya sejak kecil. Disuatu perusahan direct selling  deden memulai karirnya dari bawah sebagai staf keuangan  “ saya masuk kerja sekitar tahun 1978 dari posisi sebagai kasir data entri “ sebutnya. Kiprahnya di perusahaan ini cukup lama, karena sampai bertahan hingga 20 tahun selama itu pula karirnya melonjak , dan jabatan terakhir yang ia pegang ialah finance manager.

Pada tahun 1998 ketika kariernya tepat berusia 20tahun, kegelisahan dan kebosananya mulai menghinggapinya . puncaknya ia akhirnya memutuskan untuk keluar dari jabatan finance manager dan menjadi sales operasional manager kemudian keluar lagi menjadi manager yang tetap hanya mendapat angka pasti dari perusahaan.

Dari posisi  bekerja iapun meniti usaha baru sebagai penjual buku – buku paket karena tidak ada basic di bidang marketing dan sell, bisnisnya pun tak lama gulung tikar . untuk kebutuhan hidupnya  iapun menekuni bisnis lamaya ketika masih aktif jadi karyawan  yaitu jual – beli mobil bekas yang juga sama tak ada perkembangan.

Namun di usianya yang ke 45 tahun  semangat daden tak patah. Ia terus mengasah kemampuanya & kepiawaianya terutama dalam bahasa inggris  hingga pada akhirnya pada tahun 2000 ia dipertemukan dengan perusahaan international asal Amerika serikat. Grolier international yang memiliki product hello amerika.yang fokus pada pendidikan anak dan peningkatan skill khususnya dalam  bahasa inggris. Disinilah kisah daden berangsur membaik. Kini setelah 11 tahun berlalu ia mencatat sejarah baru ia menjadi divisional manager grolier international & juga menjadi direktur CV.Bentra edukasi prima miliknya “ masih bergerak di bidang dirrect selling dengan program  edukasi dalam rangka memotivasi SDM .Programnya adalah seminar / training , english coaching, workshop &  lainya. Sementara product yang  di informasikan sebagai solusi untuk mengoiptimalkan potensi anak.  Serta mudahnya mendapatkan kemampuan berbahasa inggris. Berupa media buku-buku, vcd, CD & media pembelajaran lainya yang di kemas dalam paket pembelajaran madiri. Tujuanya untuk meningkatkan potensi anak & menjadi SDM di indonesia yang SIAP bersaing di era Globalisasi serta dapat meliat peluang yang luar biasa. Yang ada di negara republik indonesia . serta tidak kalah bersaing dengan bangsa- bangsa lain yang mungkin akan datang untuk mencari peluang di indonesia.

Terkait Kiprah & dedikasinya di bidang edukasi yang ia lakoni hingga kini, daden T.Yudanagar membeberkanya pada majalah Elshinta Berikut ulasanya :


Setelah lebih dari 20 tahun bekerja sebagai accounting apa yang membuat anda kemudian memilih untuk Resign??

Pada saat krisis 98-99 , saya malah memilih resign dari perusahaan setelah 20 tahun bekerja.tentu pilihan itu tidak mudah  saya sudah memikirkanya dengan matang. kala itu saya tersadar saya seperti terjebak pada rutinitas  yang membosankan. Saya merasa bekerja dengan orang lain seperti menghabiskan Umur sementara dari segi finansial tetap pas-pasan & skill juga tidak ada peningkatan.
Meski sebatas di pekerjakan karena keluarga di tanggung dapat fasilitas mobil, dan lainya tapikan saya dikendalikan oleh perusahaan. Setelah saya sadar ternyata hidup itu masih banyak peluang, dan yang pertama kali saya lakukan adalah dengan menguasai komunikasi bahasa inggris. Dengan begitu saya dapat membaca otobiografi orang – orang sukses di dunia yang makin membuka wawasan dan pemikiran.

Sebelumnya karena saya tidak bisa berbahasa inggris di accounting saya tidak bisa meningkatkan karier dan income. Ternyata dengan menguasainya . mampu meningkatkan incame juga. Saat itu saya lihat yang bekerja di perusahaan asing. Misalnya karena kemampuan kemampuan komunikasi bahasa inggrisnya bagus. Ia bisa mendapatkan incame yang jauh lebih besar.

Apa yang anda lakukan setelah tak lagi bekerja??

Setelah keluar bekerja saya kan dapat uang pesangon, tapi tidak tau untuk apa ? akhirnya buka usaha sendiri& bangkrut sampai semuanya hampir hilang. Awalnya yang menjadikan saya hampir baik, suatu hari mampir ke pameran buku kemudian saya membeli dan join ke sebagai sales Representative di Grolier indonesia.

Nah karena saat itu kemampuan bahasa inggris saya yang lebih baik, saya bertemu dengan manager grolier indonesia dan ia melihat potensi saya. Lalu saya diangkat sebagai junior division manager yang disetujui oleh grolier Asia pasfic dan saya melihat product hello amerika sangat baika & berpeluang untuk di jadikan solusi. Karena pasar indonesia sudah saya perhitungkan.
Sebagai salles mau tidak mau saya harus banyak membaca literatur tentang sell. Dan ternyata duni yang bisa membuat orang berhasil adalah selling/ marketing padahal sebelumnya saya kurang tertarik dengan sales karena image nya suka memaksa orang lain untuk beli.tapi ternyata tidak sales resentative justru bisa memberikan solusi dan menolong seseorang yang membutuhkan. Jadi sellimng skills adalah bidang yang penting untuk dipelqajari.

Kenapa anda tertari untuk join dengan grolier??

Sebelumnya saya punya bisnis yang selalu berakhir bangkrut , setelah saya analisa ternyata beberapa product yang saya jual belum berkualitas. Nah  di grolier internasional  asal amerika serikat ini, memiliki program dan product yang berkualitas untuk mengembangkan potensi anak & skill para orang tua , terutama dalam mendidik dan mengembangkan serta mudahnya berbahasa inggris.

Metode ini mampu membuktikan jika kita bisa berbahasa inggris dalam waktu 3 bulan. Saya sendiri sudah membuktikanya, selain mampu meningkatkan skill komunikasi, juga ada aspek bisnis yang bisa di jalankan, saat ini saya justru lebih tertarik dengan dunia bisnis setelah menguasai selling skill. Meskipun bukan sesuatu yang mudah karena banyak aspek yang harus di kuasai mulai kepribadian, kejujuran , agama dan lain-lain.

Selain itu program edukasi anak ini adalah hasil penelitian para ahli, yang tentunya tidak mudah kalau di lakukan sendiri. Grolier ini memberikan saya kesempatan untuk menjadi dirrect selling tanpa modal dan tidak perlu karyawan banyak.

Jujur ketika saya join dengan grolier pada tahun 2004 saat itu kondisi tidak punya uang sama sekali . di saat seperti itu saya mendapatkan 1 member  & dapat 1 juta rupiah itu rasanya luar biasa menyenangkan. Itu mungkin masa – masa terburuk saya karena kendaraan saja dari BMW TURUN SAMPEK KE JIMMY JANGKRIK, dan saking tidak punya uangnya uang Rp.1000 Saja hilang di mobil saya pasti tau.saya cari-cari. Dulu saya alami sampai begitu.

Bagaimana anda menjalankan bisnisnya ??

Ya melalui beragam media.seminar, forum motivasi dan training dan lainya. Untuk meng_upgrade skill bicara di depan umum , saya juga sempat belajar khusus tentang training for  trainer. Karena sebelumnya karena sebelumnya saya  benar – benar tidak mengerti bagaiamana cara berbicara di depan umum. Oh, ternyata dari kepribadian kita  juga bisa di rubah, bagaimana bicara dengan orang lain semua ada tekhniknya. Dalam perkembangan selanjutnya  dunia anak- anak  adalah dunia yang menarik dan penting untuk dipelajari. Untuk menjadi manusia yang lebih baik seorang anak tidak hanya dididik di sekolah saja, tapi juga di butuhkan peran orang tua. Untuk hal ini saya belajar  ke kak seto, ayah edy, howard garder, robeth titzer, dan pakar perkembangan anak lainya. Nah dalam program ini kami juga di ajarkan bagaimana orang tua bisa mendeteksi potensi anak sejak dini. Kami berikan pelatihan pada orang tua biasanya dalam forum seminar.

Apa sih Urgensi para orang tua untuk membeli produk dan mengikurti seminar ini. ??

Hari ini kita bisa saksikan banyak sekali anak SD – SMP yang sudah terlibat dalam kegiatan negatif , misal tawuran, merokok, & lain – lain. Salah satu sebabnya adalah karena peran orang tua yang masih minim.

Dan sungguh karakter anak di bentuk pada usia 0-6  tahun di situlah para orang tua harus berperan membentuk karakter anak yang baik. Para orang tua terutama keluarga muda. Minimal harus mengetahui perkembangan otak anak. Apa fungsi otak anak kanan dan kiri.
Muinimal itu saja dahulu karena dengan mempelajari hal tersebut, maka orang tua akan mudah dalam melihat bakat anak.

Yang harus diketahui juga banyak para ortu yang belum sadar posisi sebagai orang tua. Posisinya itu bukan hanya mencari uang semata , karena sejatinya anak tidak membutuihkan uang yang di butuhkan oleh anak adalah cinta kasih melalui pendidikan.

Oleh sebab demikian  untuk mempermudah beberapa sarana dari grolier dengan paket pembelajaran sambil bermain sangat lengkap kami sediakan. Selain  mengembangkan potensi anak, kemampuan komunikasi anak dalam bahasa inggris , ensiklopedia pengetahuan  yang di butuhkan saat ini.

Saat ini ada beberapa product grolier yang anda pasarkan??

Melalui Bentara Edukasi Prima  perusahaan yang saya dirikan saat ini pakek product yang di pasarkan ada 3 konsep: paket ensiklopedia untyuk siswa SD-SMP. Lalu ada paket untuk mengajar balita s/d anak- anak.  & paket belajar bahasa inggris untuk dewasa.
Untuk language program kami berikan jaminan 100 hari bisa bahasa inggris. Karena langsung dibimbing oleh guru yang ada dalam media hello america. Syaratnya harus komirtmen , disiplin dengan proses dengar dan katakan  dengan meniru setiap hari satu jam. Tidak mengganggu waktu usaha , bekerja , bersama keluarga dll. Sekali lagi cukup waktu satu jam sehari. Dengarkan dan ikuti yang dikatakan pembimbing di media tersebut jika konsisten dan punya komitmen kuat , pasti bisa menguasainya dalam 3 bulan.

Berapa harga producnya.?

Paket bahasa inggris dewasa sekitar Rp.5,2 Jutadan dapat di bayar seperti biaya kursus selama 12 bulan dengan investasi tersebut.anda sudah membeli guru kerumah anda seumur hidup . ini produk yang benar, programnya juga benar karena berangkat dari penelitian  para ahli di amerika serikat. Untuk paket lainya bervariatif, mulai dari Rp.3000.000 sampai lebih dari 10 Juta.

Setelah berkiprah sejak tahun 2000 kini rata- rata berapa product yang terjual setiap bulanya??

Dalam setiap forum & seminar yang saya lakukan, saya selalu  mengingatkan agar mereka bisa untuk merubah mindset agar tidak selalu monoton berfikir, hilangkan negative thinking,  bisa menyeimbangkan kedua otak dalam berfikir. Salah satu yang bisa di lakukan adalah berjualan , untuk bisa berbisnis tidak selamanya membutuhkan modal besar. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan mitra kerja. Seperti produk asuransi, susu, & lain- lain . kami juga di grolier indonesia masih banyak membutuhkan mitra yang andal dalam bekerja.

Dengan kosistensi & perjuangan Al-hamdulillah saat ini  hello amerika bisa terjual hingga 500set/paket setiap bulanya . prestasi ini  dicapai bekat kerjasama dengan 60 mitra  di indonesia untuk sama-sama mengmbangkan bisnis dirrect selling dalam pendidikan dan merekapun mendapatkan incame tambahan yang cukup besar . minimal mitra bisa berpenghasilan Rp.10 juta perbulan ada juga yang sampai puluhan bahkan ratusan juta.

Kepada para mitra saya juga terus memberikan pelatihan  terutama dalam selling skill. Bagi saya itu adalah sebuah bentuk ibadah. Saat ini kami sudah ada di jakarta, surabaya pekanbaru dan batam.

Apa ini passion anda sesungguhnya ??  

Ya  , dulu saya memiliki ketertarikan cukup besar pada accounting, tapi ternyata dunia bisnis dan educations lebih menarik. Dan kini saya merasa benar- benar bekerja di potensi saya . ternyata ketika kita kerja di potensi kita  hasilnya luar biasa tidak ada tekanan , tidak ada paksaan , Enjoy..
Sekarang saya sudah berfikir lagi bagaimana saya menghasilkan uang karena saya senang  melakukanya , saya yakin kalau kita  senang melakukanya, uang pasti akan mengikuti. Yang selalu saya tekankan dalam menjual produk yang memberikan solusi  dengan cara yang tidak memaksa, itu mudah Asal ada ketulusan , kejujuran dan produk yang diberikan itu tepat,

Alasan kenapa anda lebih memilih dunia bisnis.??

Karena hidup kita itu harus ada tujuan . dengan bisnis tujuan hidup kita lebih terarah . kalau  di dunia kerja sebagai karyawan , saya merasakan tujuan hidup yang ingin kita raih itu kurang .

Terlepas dari cerita sukses masa kini, tentu ada juga cerita duka yang pernah dilalami??

Ya itu pasti ada juga, kendala dan kegagalan yang saya alami juga banyak misalnya, saya promosi dengan mengeluarkan uang puluhan juta , tapi nyatanya yang membeli produknya tidak sesuai harapan. Tapi saya selalu yakin dan memotivasi diri sendiri jika produk ini pasti dibeli orang. Saya malah berintropeksi diri  mungkin cara menyampaikan kurang bagus , sehingga orang enggan untuk membeli jadi untuk bisa sukses itu tidak bisa instan juga.

Alhamdulillah nya saya join dengan groilerkan tanpa banyak modal. Jadi sebetulnya bisnis yang saya jalani tidak kenal kata rugi,kalau tidak laku sekalipun misalnya saya tidak rugi , dulu dimasa susah saya sering merebah diatas genteng  rumah karena kebetulan rumah saya tinggi,  menerawang dan seakan ingin terbang sering merasa sedih karena kesulitan dalam hidup, pernah sampai level terbawah , meski pada akhirnya mampu bangkit dengan semangat tinggi.

Bagaiamana anda melihat kondisi para pelaku UKM negeri ini??

Para pelaku UKM itu harus belajar untuk bisa lebih besar. Jangan puas disitu-situ saja dalam bisnis harus ada perkembangan  , mislnya julan nasi uduk di 1 gerobak ya besok harus berani membuka beberapa gerobak nasui uduk  dan memberikan service yang baik. Pada saat saya masih bekerja sebagai acuntan , saya pernah ngobrol dengan pedagang grobakan dia bilang pada waktu itu punya 20 grobak dengan penghasilan lebih dari 10 juta sebulan, padahal gaji saya saat itu  sebagai akuntan masih 10 juta. Itukan sesuatu yang luar biasa.

Dalam hal bisnis apa impian anda kedepan.??

Saya bermimpi kedepan saya ingin mengembangkan usaha ini di setiap kota besar  di indonesia. Dan dari setiap kota itu , jika hal tersebut sudah tercapai,saya sudah tidak perlu menghitung lagi berapa rupiah yang saya dapat setiap bulanya. Saat ini saja saya sudah bersyukur karena saya sudah merasa bebas dalam hal finasial, bukan sombong. Saat ini saya sudah tidak kenal lagi akhir bulan atau kata bokek. Saat ini sebagian hasil darui bisnis saya investasikan juga ke bisnis properti, jual – beli apartemen , dan lain – lain. ( majalah el-shinta  edisi november 2015)

Post. 01:53 18-11-2015 _20 Lt’

   



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Template Information